Rabu, 03 Juli 2013

Tropheus sp.


      Tropheus, merupakan ikan keluarga cichlid yang terdapat pada benua Afrika tepatnya danau Tanganyika. Memiliki beberapa spesies, diantaranya duboisi, morii, polii, brichardi, annectens dan beberapa spesies lainnya.
                                                           Tropheus sp. Ikola

Karakter:
      Tropheus merupakan ikan group atau ikan koloni, para pejantan sedikit galak dimana suka mengejar betinanya, sedangkan betina saat mengeram telur (mouth breeder) juga sedikit galak. Tropheus menyukai pH air yang cukup basa (7 - 7,8) dan suhu air 26 - 28 derajat celcius.

Breeding:
      Tropheus merupakan ikan yang memiliki kesulitan menengah untuk diternak, hal ini dikarenakan kebanyakan penghobi atau peternak kurang mengenal karakternya yang sedikit berbeda dari kebanyakan cichlid pada umumnya. Untuk memulai beternak tropheus dapat menyiapkan akuarium 100cm x 50cm atau lebih dengan ketinggian air 30cm. Gunakan rasio perbandingan 2 jantan : 8 betina atau 3 jantan ; 11 betina jika akuarium cukup besar. Jika usia sudah cukup (2 tahun lebih) dan kondisi air terpenuhi, maka tropheus akan mulai memijah. Untuk memanennya, perhatikan mulut induk betina dimana terlihat menggelembung yang menandakan sedang membawa telur di mulutnya.Keluarkan telur (lebih aman setelah anakan menetas, sekitar 7 - 10 hari dari pertama terlihat gendong telur) dan tempatkan di akuarium pembesaran khusus.


Pakan:
     tropheus pada dasarnya adalah algaeater (pemakan tumbuhan) ssehingga akan sangat baik memberikan tanaman seperti sawi, kangkung, selada sebagai menu utamanya. Namun cacing darah atau kutu air dapat menjadi selingan menu.

                                                               Tropheus duboisi


                                              Tropheus moorii "Golden Kazumba"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar