Rabu, 03 Juli 2013

Guppy (Poecilia reticulata)

       Guppy, ikan mungil yang indah, memiliki nama latin poecilia reticulata..
Merupakan ikan yang beranak, bukan bertelur seperti pada jenis ikan lain umumnya.
Ikan ini memiliki varian warna dan corak yang sangat beragam akibat persilangan yang disengaja oleh manusia, diantaranya black moscow, mozaik, king cobra, leopard, dan lain - lain.

Guppy Mozaik Albino


Breeding:
       Breeding atau beternak guppy bukanlah hal yang sulit, namun membutuhkan ketekunan dan ketelitian, karena dalam beternak guppy diharapkan tidak melakukan inbreeding karena hal tersebut dapat mengakibatkan penurunan kualitas anakan bahkan cacat pada anakan.

      Dalam memulai beternak guppy tentu tahap pertama memerlukan tempat yang berupa akuarium, kolam, bahkan ember plastik dapat digunakan untuk beternak guppy. Tahap selanjutnya adalah memilih induk, sebaiknya tentukan dulu jenis apa yang akan diternak, sehingga tidak bingung dalam memilih induk.
Untuk beternak pada akuarium 25cm x 50cm x 25cm dapat diisi induk dengan perbandingan 2 jantan : 3 betina.

Pakan:
     Pakan yang dianjurkan untuk pemeliharaan dan beternak guppy adalah pakan alami seperti cacing sutera, cacing darah, dan kutu air. Pada perawatan induk dianjurkan pemberian pakan berupa kutu air atau cacing darah yang kandungan lemaknya rendah, pada pembesaran anakan pemberian cacing sutera lebih dianjurkan agar pertumbuhan lebih maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar